Swami Vivekananda

Swami Vivekananda

Swami Vivekananda  (12 Januari, 1863 - 4 Juli, 1902), dilahirkan dengan nama Narendranath Dutta (NĂ´rendronath Dotto), adalah seorang tokoh dalam sejarah Hindu, India dan pemikir Timur (orientalis) yang ada di Barat. Ia adalah saudara dari Shri Bhupendranath Dutt, seorang revolusioner di India.

Vivekananda merupakan pribadi yang amat dikenal dunia sebagai seorang pemimpin spiritual yang memiliki pengaruh besar dari ajaran Vedanta dan Yoga. Ia adalah Swami Hindu pertama yang datang ke Barat, untuk mengenalkan Hindu, Yoga dan Vedanta pada World's Parliament of Religions, sehubungan dengan diadakannya World's Fair di Chicago pada tahun 1893. Disini namanya mulai melambung dan dikenal luas, seantero Chicago, menyusul kemudian di seluruh Amerika.

Sorban yang dikenakan oleh Vivekananda diyakini berkat anjuran dari Maharaja Khetri. Namun beberapa pakar sejarah dan peneliti berpandangan bahwa Vivekananda sempat mengunjungi Swamithope Pathi selama kunjungannya di Kanyakumari pada Desember 1892 dan meyakini bahwa ia terkesan dengan prinsip dibalik ritual keagamaan dari keyakinan monistic tersebut,[1] yang mana kaum monistic mengenakan sejenis ikat kepala selama melaksanakan pemujaan di kuil, di depan cermin dll, dan Vivekananda mulai mengenakan sorban sejak saat itu.[2] Beberapa orang menganggap bahwa Vivekananda menerima pencerahan spiritual dari Ayya Vaikundar.[3] Namun semua ini tidak pernah tercantum dalam karya maupun biografinya.

Ada juga yang mengatakan bahwa dimasa kecilnya ia terkesan dengan sorban yang dikenakan oleh kusir kereta, yang mengangkut ayahnya berangkat kerja setiap hari. Belakangan setelah ia mengumumkan pada dunia dan mengambil jalan sebagai seorang sanyasin, ia mulai mengenakan sorban untuk dirinya.

* Swami Vivekananda adalah orang India pertama yang diundang untuk menjabat profesor Filsafat      Oriental di Universitas Harvard.
* India merayakan National Youth Day pada hari lahirnya.
* Vivekananda Vidyapith Academy of Indian Philosophy and Culture di New Jersey, Amerika Serikat,   diambil dari namanya.
* The Swami Vivekananda International Convention Centre, didirikan pada April 2005 di Pailes,    Mauritius, juga memakai namanya.


1. ^ R.Shanmugam's, Nadar Kulathil Narayanar Avataram, Nadar Kuladeepam Publications, 2001, Page:215, ""
2. ^ [1] - "Also from the later history, when Swami Vivekananda came to Kanyakumari, He visited Swamythoppu temple when he heard about Lord Vaikunta. From that time he started wearing a turban on his head all the time."
3. ^ Dr. Poulose in his book Advaita Philosophy of Brahmashri Chattampi Swamikal (Ayyavazhi Publications), says that Atmanada Swamikal was the disciple of Ayya Vaikundar and Atmanada Swamikal learned the Marmavidya in Sidha vidya and ghecherividya (Chinmudra) from Ayya Vaikundar and Atmanada Swamikal further taught all these vidyas to his disciple, Sri Chattampi Swamikal. The book also says that when Swami Vivekananda arrived in Ernakulam, Sri Chattampi Swamikal taught this Chinmudra to him.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar